PMK Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan DAK Nonfisik

Posted on

Websiteedukasi.com – PMK Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan DAK Nonfisik. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati telah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan DAK Nonfisik yang di tetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Februari 2020.

Status dari PMK Nomor 9 Tahun 2020 adalah Perubahan atas PMK Nomor 48 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan DAK Nonfisik. Dana Alokasi Khusus Nonfisik (DAK Nonfisik) adalah dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus nonfisik yang merupakan urusan daerah.

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 9 Tahun 2020 untuk Pengelolaan DAK Nonfisik BOS dan TPG digunakan untuk mendanai belanja nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah pelaksana program wajib belajar dan sebagai dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan melakukan penghitungan alokasi:
a. Dana BOS untuk Sekolah pada provmsi, kabupaten, dan kota;
b. Dana BOP PAUD untuk kabupaten/kota;
c. Dana TPG PNSD untuk provinsi, kabupaten, dan kota;
d. Dana Tamsil Guru PNSD untuk provmsi, kabupaten, dan kota;
e. Dana TKG PNSD untuk provinsi, kabupaten, dan kota;
f. Dana BOP Kesetaraan untuk kabupaten/kota; dan
g. Dana BOP Museum dan Taman Budaya untuk provinsi, kabupaten, dan kota.

Adapun Peraturan Menteri Keuangan terbaru PMK Nomor 9 Tahun 2020 mengenai pengelolaan dana alokasi khusus nonfisik dapat di download pada link yang saya sematkan dibawah ini :

PMK Nomor 9 Tahun 2020 Pengelolaan DAK Nonfisik.pdf, Unduh

Download juga :
Perpres No. 88 Tahun 2019 tentang Juknis DAK Fisik 2020

Demikianlah Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan DAK Nonfisik yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *