Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem telah menetapkan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 2020.

Penetapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka perlu memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi perguruan tinggi negeri untuk menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum.

Status Permendikbud No 4 Tahun 2020 ini mengubah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 mengubah ketentuan Pasal 2 dan Pasal 9 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sehingga berbunyi sebagai berikut:

1. Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu dinilai dari PTN yang memiliki:
a. peringkat akreditasi paling rendah Baik Sekali;
b. paling sedikit 60% (enam puluh persen) Program Studi dengan peringkat akreditasi unggul;
c. relevansi antara visi, misi, dan tujuan dengan Standar Pendidikan Tinggi yang terdiri atas Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi;
d. hasil publikasi internasional dan/atau hak kekayaan intelektual;
e. mahasiswa yang berprestasi akademik dalam kompetisi tingkat nasional dan internasional;
f. partisipasi dalam kegiatan Pemerintah maupun pemerintah daerah; dan
g. kerja sama dengan dunia usaha dunia industri, organisasi/lembaga dan/atau masyarakat.

2. Tanggung jawab sosial dinilai dari:
a. PTN menerima calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi tetapi kurang mampu secara ekonomi dan menerima calon mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal paling sedikit 20% dari total jumlah mahasiswa; dan
b. PTN yang terlibat dalam pelayanan masyarakat.

3. Berperan dalam pembangunan perekonomian dinilai dari peranan dalam:
a. pengembangan usaha kecil dan menengah;
b. pengembangan dunia usaha dunia industri; dan
c. menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa.

4. Prakarsa untuk mengubah PTN menjadi PTN badan hukum berasal dari Menteri atau PTN yang bersangkutan apabila telah memenuhi persyaratan perubahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.
5. Perubahan PTN menjadi PTN badan hukum, disampaikan oleh pemimpin PTN kepada Menteri dengan melengkapi dokumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.

Selengkapnya, silahkan anda download Permendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum melalui link dibawah ini:

Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, semoga info ini bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *