Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 tentang Juknis BOP PAUD

Posted on

Websiteedukasi.com – Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 tentang Juknis BOP PAUD. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan tentang petunjuk teknis bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) PAUD dan Pendidikan Kesetaraan Tahun 2020.

Permendikbud No. 13 Tahun 2020 Tentang Juknis BOP PAUD di tetapkan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan yang bermutu, pemerintah mengalokasikan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan.

Dana Alokasi Khusus Nonfisik / DAK Nonfisik adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus nonfisik yang merupakan urusan daerah.

Tujuan pemberian DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan tahun 2020 adalah untuk:

  • membantu penyediaan biaya operasional nonpersonalia bagi peserta didik yang diberikan kepada Satuan
    Pendidikan penyelenggara PAUD atau Pendidikan Kesetaraan;
  • meringankan beban biaya pendidikan bagi masyarakat dalam mengikuti layanan PAUD atau Pendidikan
    Kesetaraan yang berkualitas; dan
  • meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengembangan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan.

Prinsip dalam pelaksanaan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan 2020 meliputi:

  1. efisien, yaitu harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang ada untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggungjawabkan;
  2. efektif, yaitu harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar- besamya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan;
  3. transparan, yaitu menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengelolaan DAK Nonfisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan;
  4. adil, yaitu semua anak baik laki-laki maupun perempuan memperoleh hak yang sama dalam memperoleh layanan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan;
  5. akuntabel, yaitu pelaksanaan kegiatan dapat dipertanggung jawabkan
  6. kepatutan, yaitu penjabaran program/kegiatan harus dilaksanakan secara realistis dan proporsional; dan
  7. manfaat, yaitu pelaksanaan program/ kegiatan yang sejalan dengan prioritas nasional yang menjadi urusan
    daerah dalam kerangka pelaksanaan desentralisasi dan secara riil dirasakan manfaatnya dan berdaya guna bagi Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan PAUD atau Pendidikan Kesetaraan.

Sasaran DAK Nonlisik BOP PAUD dan BOP Kesetaraan adalah peserta didik pada Satuan Pendidikan penyelenggara PAUD atau Pendidikan Kesetaraan di wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Peserta didik sebagaimana dimaksud  diatas yang dibiayai oleh DAK Nonfisik BOP PAUD harus memenuhi syarat sebagai berikut:
a. terdata dalam Dapo PAUD Dikmas; dan
b. berusia 0 (nol) sampai dengan 6 (enam) tahun.

Peserta didik  yang dibiayai oleh DAK Nonfisik BOP Kesetaraan harus memenuhi syarat sebagai berikut:
a. terdata dalam Dapo PAUD Dikmas; dan
b. berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun, kecuali kelas lanjutan dapat di atas usia 21 (dua puluh satu) tahun.

Selengkapnya, silahkan download dokumen Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis (Juknis) bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) PAUD dan dan Pendidikan Kesetaraan Tahun 2020 melaluu link di bawah ini:

Permendikbud 13 Tahun 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Petunjuk Teknis (Juknis) bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun 2020 yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *