Juknis KoPSI Daring Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) semula bernama Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). KoPSI digelar sebagai agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka  membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KoPSI berfokus pada karakter ilmiah ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir guru dan siswa untuk terus meneliti.

KoPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/MA/sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2020 secara offline, maka dari itu Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyampaikan bahwa pelaksanaan KoPSI tahun 2020 dilaksanakan secara daring dengan mekanisme yang telah ditentukan.

Adapun guna menyesuaikan kondisi tersebut, maka dikeluarkan petunjuk teknis yang bersifat khusus daripada pedoman umum yang menjadi pedoman para peneliti dalam melakukan penelitian guna mengikuti KoPSI tahun 2020.

Petunjuk khusus ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi para peneliti yang mengikuti KoPSI tahun 2020 dalam rangka melakukan penelitian di masa pandemi covid-19. Selain itu, dalam Petunjuk Teknis ini juga telah dipaparkan pedoman penilaian dan mekanisme penjurian KoPSI secara daring.

Pada penilaian Laporan Hasil Penelitian terdapat kententuan-ketentuan khusus yang telah diatur sedemikian rupa sesuai dengan bidang masing-masing diantaranya MST, FTR, dan ISH. Aspek dan bobot penilaian meliputi:
1. Latar belakang (15%);
2. Rumusan masalah (20%);
3. Metode penelitian (20%);
4. Kedalaman analisis (25%);
5. Potensi aplikasi (10%);
6. Kaidah penulisan (10%).

Untuk mendownload Petunjuk Teknis KoPSI Daring Tahun 2020 melalui tautan link di bawah ini:

Juknis KOPSI 2020 Secara Daring.pdf, Unduh
Permohonan izin meneliti Disdik Provinsi.pdf, Unduh

Demikianlah Buku Pedoman atau Petunjuk Teknis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) Tahun 2020 Secara Daring yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *