Pedoman Anugerah Konstitusi 2020 bagi Guru PPKn Berprestasi Tingkat Nasional

Posted on

Websiteedukasi.com, Pedoman Anugerah Konstitusi 2020 bagi Guru PPKn Berprestasi Tingkat Nasional – Anugerah Konstitusi Guru PPKn adalah wahana kompetisi antar Guru PPKn dalam pembelajaran kesadaran berkonstitusi.

Salah satu komponen bangsa yang dipandang penting untuk mendapat pemahaman mengenai MK adalah Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Guru merupakan sebagai pendidik profesional, mengembangkan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utma guru, termasuk guru PPKn membentuk peserta didik memiliki rasa kebangsaan dan cintah tanah air, menjadi warga negara yang cerdas, demokratis, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran berkonstitusi yang tinggi.

Peserta Anugerah Konstitusi bagi Guru PPKn Berprestasi Tingkat Nasional X tahun 2020 adalah Guru Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)/ Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) baik Aparatur Sipil Negara (ASN) atau bukan ASN, yang bertugas pada satuan pendidikan di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama dari provinsi seluruh Indonesia, serta Melaksanakan tugas sebagai Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Persyaratan Administratif

  1. Mempunyai kualifikasi Akademik paling kurang S1/DIV.
  2. Guru PPKn SMP/MTs, Guru PPKn SMA/SMK/SMALB/MA/MAK atau Guru kelas untuk SD/MI yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau bukan ASN serta tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau tidak sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
  3. Mempunyai masa kerja sebagai Guru PPKn dan/atau Guru kelas untuk SD/MI sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan atau Surat Penugasan dari Penyelenggara Pendidikan/Kepala Sekolah dengan melampirkan bukti fisik.
  4. Aktif melaksanakan proses pembelajaran PPKn, dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah.
  5. Belum pernah menjadi Juara I, II, dan III Anugerah Konstitusi dari Mahkamah Konstitusi serta bukan merupakan grand finalis Anugerah Konstitusi pada Tahun 2018 dan 2019. Apabila ada peserta yang melanggar ketentuan ini akan didiskualifikasi.
  6. Belum pernah dikenai hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin (surat keterangan dari Kepala Sekolah) dengan diketahui oleh Kepala Cabang Dinas/UPTD atau Kepala Dinas Pendidikan atau Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Pedoman penyelenggaraan Anugerah Konstitusi X Tahun 2020 ini dibuat dalam rangka untuk memberikan panduan bagi penyelenggara dan calon peserta untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan in. Adapun link downloanya sebagai berikut:

Pedoman Anugerah Konstitusi 2020.pdf, Unduh
Lampiran Anugerah Konsitusi 2020.pdf, Unduh

Demikian Petunjuk teknis / Pedoman Anugerah Konstitusi 2020 bagi Guru PPKn Berprestasi Tingkat Nasional yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *