Panduan Tata Kelola Blud SMK Berbasis Good School Governance

Posted on

Websiteedukasi.com – Panduan Tata Kelola Blud SMK Berbasis Good School Governance. Buku Panduan Tata Kelola Blud SMK Berbasis Good School Governance sangat penting untuk pemerintah daerah mendorong terciptanya kebijakan BLUD untuk SMK.

Tantangan pengelolaan pendidikan SMK salah satunya adalah terkait dengan fleksibiltas pengelolaan keuangan sekolah. Sekolah negeri terikat oleh peraturan untuk tidak boleh melakukan komersialisasi pendidikan sehingga konsekuensinya adalah teaching factory di sekolah terhambat untuk melakukan akselarasi guna membantu side income bagi sekolah.

Sekolah yang memiliki teaching factory yang berhasil mengelola anggarannya dan bisa menghasilkan laba, harus menyetor hasil keuntungannya tersebut ke kas daerah dan jika ingin mengambil kembali sangat susah dilakukan. BLUD merupakan gagasan yang penting untuk menjadi salah satu alternatif agar pengelolaan keuangan sekolah menjadi fleksibel.

Pembentukan BLUD ini dipandang penting bagi SMK yang telah mampu mengembangkan teaching factory, juga untuk SMK yang sudah menerima bantuan revitalisasi dari Pemerintah Pusat. Hasil dari BLUD itulah yang nantinya dapat digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan SMK. Melalui BLUD, SMK yang memiliki produk-produk unggulan dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel tanpa melanggar peraturan.

Kelebihan sekolah yang telah menjadi BLUD yaitu sekolah dapat menggunakan hasil praktik kerja siswa, maupun hasil usaha sekolah secara langsung. Selain itu, gaji guru praktik dapat lebih tinggi dibandingkan guru lain karena adanya remunerasi.

Panduan Tata Kelola Blud SMK Berbasis Good School Governance.pdf, Unduh

Jika sekolah belum menjadi BLUD, maka hasil usaha maupun praktik kerja siswa SMK harus masuk ke Kas Pemerintah Daerah baru kemudian SMK mengajukan anggaran ke Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhannya. Konsep BLUD tersebut dinilai dapat membuat anggaran yang ada menjadi efisien.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *