Panduan Penulisan Soal HOTS Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Panduan Penulisan Soal HOTS. Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (higher order thinking skills) telah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Bersama Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan di jakarta bulan Desembar 2019.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTs (higher order thinking skills) merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia pendidikan. Isu yang menjadi perhatian adalah rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia, seperti ditunjukkan hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah merupakan salah satu modal individu untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata dengan perubahan yang semakin cepat.

Salah satu usaha yang perlu dilakukan dunia pendidikan untuk menyiapkan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang dapat bersaing di tingkat global adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pusat Penilaian Pendidikan sebagai lembaga penilaian berskala nasional membantu mewujudkannya dengan menyiapkan buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi).

Diharapkan dengan buku Panduan Penulisan Soal HOTS ini, pendidik dapat menyusun instrumen penilaian yang
berkualitas. Buku ini merupakan bagian dari rangkaian buku penilaian yang terdiri dari Penilaian Tes Tertulis, Penilaian Kinerja, Penilaian Formatif, dan Penilaian Karakter.

Dengan adanya Buku Panduan Penulisan Soal HOTS Pembaca diharapkan dapat mencermati buku-buku tersebut disamping buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) ini.

Panduan Penulisan Soal HOTS.pdf, Unduh

Demikianlah Buku Panduan Penulisan Soal HOTS yang dapat saya bagikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *