Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2024.b

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Buku Panduan Lengkap Pengisian Aplikasi Dapodik Versi 2024.b. Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang memuat data sekolah, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari sekolah yang terus menerus diperbarui (update) secara daring.

Dapodik menjadi sistem pendataan skala nasional yang terpadu yang menjadi sumber data utama pendidikan nasional yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Pengertian Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi berbasis web yang dipasang ke dalam perangkat komputer/laptop yang dijalankan melalui peramban seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, dalam proses pengisian data pada Aplikasi Dapodik tidak memerlukan akses internet, internet dibutuhkan saat proses registrasi secara daring, tarik data, dan sinkronisasi. Proses pengiriman data dilakukan dengan cara sinkronisasi, yaitu mengirimkan data secara dua arah dari lokal ke server pusat ataupun sebaliknya.

Sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang terdaftar pada laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id yang dikelola oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek untuk dapat menggunakan Aplikasi Dapodik.

Perubahan Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik 2024.b ditugaskan kepada operator sekolah untuk mengimplementasikan pengisian data Sekolah. Kemendikbud Ristek telah memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang Aplikasi Dapodik 2023 dalam bentuk panduan.

Buku Panduan ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik versi 2023.d mulai dari persiapan, proses instalasi, proses input per entitas data, validasi, sinkronisasi, hingga verifikasi.

Buku ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodik versi 2023.d secara mandiri di sekolah. Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodik versi 2024.b dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.

Adapun Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut :
Perbaikan:

  • Perbaikan penginputan tema P5 pada pembelajaran bagi Pelaksana Kurikulum Merdeka.
  • Perbaikan bug saat memilih kurikulum dan tingkat pendidikan di jenjang PKBM/SKB yang menyelenggarakan program KB, TPA, dan SPS.
  • Perubahan proses bisnis penginputan prasarana kamar mandi/WC.
  • Perbaikan isian kecamatan hingga level desa/kelurahan pada formulir peserta didik – bagian data pribadi.

Pembaruan:

  • Penambahan status informasi penerima Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).
  • Penambahan sub ruang/bilik untuk prasarana kamar mandi/WC.
  • Penambahan referensi ruang pusat sumber pendidikan inklusif di jenjang SLB.
  • Penambahan referensi Jejak Kelulusan bagi Peserta Didik jenjang SMK

Manajemen Dapodik (sp.datadik.kemdikbud.go.id)

  • Penambahan kolom kondisi dan bobot kerusakan bangunan hasil penginputan melalui Manajemen SP

Download Panduan

Informasi selengkapnya, Bagi yang belum memiliki Panduan aplikasi dapodiksamen versi 2023.d, silahkan mendownloadnya melalui tautan link yang ada dibawah ini.

Panduan Aplikasi Dapodik Terbaru

Name : Panduan_Aplikasi_Dapodik_2023D

Format : PDF

Size : 12.5 MB

File Compatible : All Windows

Download Juga :
Aplikasi Dapodik Versi 2024.b

Demikian Buku Panduan Aplikasi Dapodik / Dapodikdasmen Versi 2024.b yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *