Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020/2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah telah resmi menetapkan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor : 420/06697 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2020/2021.

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah di tetapkan dalam rangka memberikan pedoman kepada Satuan Pendidikan baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama Tahun Pelajaran 2020/2021 serta untuk mewujudkan efektivitas proses pembelajaran seluruh satuan pendidikan di Jawa Tengah.

Dinyatakan pada Peraturan Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah Pasal 5, Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai tanggal 10 Juli 2020 atau sebelum hari pertama masuk sekolah. Kepala Satuan Pendidikan berkewajiban menyusun program tahunan, yang harus sudah selesai selambat-lambatnya pada tanggal 10 Juli 2020.

Pada pasal 6, Permulaan tahun pelajaran 2020/2021 adalah hari Senin tanggal 13 Juli 2020.

Waktu pembelajaran efektif pada Provinsi Jawa Tengah:

  1. Waktu pembelajaran efektif untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK masing-masing 35 menit, 40 menit dan 45 menit setiap jam pelajaran tatap muka.
  2. Waktu pembelajaran efektif untuk SDLB/MILB, SMPLB, dan SMALB masing-masing 30 menit, 35 menit dan 40 menit setiap jam pelajaran tatap muka.
  3. Waktu pembelajaran efektif pada bulan Ramadhan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK masing-masing 30 menit, 35 menit dan 40 menit setiap jam pelajaran tatap muka.
  4. Waktu pembelajaran efektif pada bulan Ramadhan untuk SDLB/MILB, SMPLB, dan SMALB masing-masing 25 menit, 30 menit dan 35 menit setiap jam pelajaran tatap muka.
  5. Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan untuk setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut:
    a. Jumlah waktu pembelajaran per minggu disesuaikan dengan kurikulum yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. Jumlah waktu pembelajaran pada setiap semester minimal 18 (delapan belas) minggu efektif dan pada Semester Genap untuk kelas terakhir setiap jenjang pendidikan minimal 14 (empat belas) minggu efektif.
    b. Beban belajar bagi satuan pendidikan yang menyelengarakan Sistem Kredit Semester (SKS), diatur lebih lanjut dalam Pedoman SKS.
    c. Satuan pendidikan kejuruan wajib mencantumkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di dalam kalender pendidikan sesuai dengan sistem yang diberlakukan pada satuan pendidikan  yang bersangkutan.
    d. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum masing-masing jenjang pendidikan. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah jumlah jam pembelajaran per minggu sesuai kebutuhan belajar peserta didik.

Selengkapnya, bagi sekolah/ madrasah yang belum memiliki Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini:

Kaldik Provinsi Jawa Tengah 2018/2019.xlsx, Unduh
Kaldik Provinsi Jawa Tengah 2020/2021.pdf, Unduh

File Penting lainnya:
Kaldik Tahun 2020/2021 Semua Provinsi

Demikian Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *