Kalender Pendidikan Jawa Tengah Tahun 2023/2024

Posted on

Websiteedukasi.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah resmi menetapkan Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2023/2024 dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor : 420/06310.

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah di tetapkan dalam rangka memberikan pedoman kepada Satuan Pendidikan baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama Tahun Pelajaran 2023/2024 serta untuk mewujudkan efektivitas proses pembelajaran seluruh satuan pendidikan di Jawa Tengah.

Dinyatakan pada Peraturan Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah Pasal 5, Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai tanggal 14 Juli 2023 atau sebelum hari pertama masuk sekolah. Kepala Satuan Pendidikan berkewajiban menyusun program tahunan, yang harus sudah selesai selambat-lambatnya pada tanggal 10 Juli 2023.

BAB III
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DAN
PERSIAPAN PERMULAAN TAFTL]N PELAJARAN
Pasal 4

  1. PPDB pada SD/SDLB/IVIILB, SMP/sMpLB/MTs, SMA/SMALBIMN SMK/MAK dilaksanakan pada bulan Mei.
  2. Satuan Pendidikan SD/SDLB/MILB, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/ MA/SMK/MAK yang melaksanakan PPDB tidak sesuai dengan ketentuan ayat (1) harus mendapatkan izin tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi atau Kepala Dinas Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya;
  3. Kegiatan PPDB sebagaimana dimaksud pada ayat (l) dilakukan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. (a) Dinas Pendidikan Provinsi, Kantor Wilayah Ksmenterian Agama Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota menyusun Pedoman Pelaksanaan PPDB dengan mengacu pada ketentuan ayat (1), ayat (2), dan ayat.(3).

Pasal 5

  1. Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai tanggal 17 Juli 2023 atau sebelum hari penama masuk sekolah.
  2. Kepala Satuan Pendidikan berkewajiban menyusun program tahunan yang harus sudah selesai selambat-lambatnya pada tanggal 11 Juli 2022.

BAB IV
PERMULAAN TAHTIN PELAJARAN
Pasal 6

Permulaan tahun pelajaran 2023/2024 adalah hari Senin tanggal 17 Juli 2023.

Pasal 7

  1. Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran baru dimulai dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.
  2. Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai hari Senin tanggal 17 Juli 2023 dan berakhir pada hari Rabu anggal 20 Juli 2023.

Pasal 8

  1. Sebelum permulaan tahun pelajaran, kepala satuan pendidikan berkewajiban menyusun program yang mencakup:
    a. Rencana Kerja Satuan Pendidikan.
    b. Kalender Pendidikan.
    c. Perencanaan Pembelajaran.
    d. Pelaksanaan Proses Pembelajaran.
    e. Penilaian Hasil Pembelajaran.
    f. Pengawasan Proses Pembelajaran.
    g. Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Satuan Pendidikan, meliputi .
    1) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
    2) Struktur Organisasi Satuan Pendidikan.
    3) Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
    4) Peraturan Akademik.
    5) Tata Tertib Satuan Pendidikan yang meliputi Tata Tertib bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik.
    6) Tata Tertib Pengaturan Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.
  2. Sebelum permulaan ahun pelajaran, pendidik berkewajiban menyusun program yang mencakup:
    a. Program tahunan dan program semester
    b. Silabus
    c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Selengkapnya, bagi sekolah/ madrasah yang ingin mendownload Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024 bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini:

Kalender Pendidikan Terbaru

Name : Kaldik Jateng 2023/2024

Format : PDF

Size : 8.3 MB

File Compatible : All Windows

Demikian Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *