Juknis Penyusunan Soal HOTS Madrasah Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Pada tanggal 8 Februari 2021, Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan Surat Keputusan (SK) Nomor 781 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Madrasah.

Penilaian hasil belajar oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran dan tingkat pencapaian standar kompetensi lulusan peserta didik madrasah. Penyusunan petunjuk teknis penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru madrasah merupakan salah satu untuk menjamin standard kualitas soal tes hasil belajar.

Petunjuk teknis ini disusun untuk memberikan pemahaman kepada guru madrasah tentang konsep penyusunan soal HOTS, mengembangkan keterampilan guru madrasah untuk menyusun butir soal HOTS dan menjadi rujukan dalam penyusunan soal di madrasah.

Petunjuk teknis penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini terdiri atas konsep penilaian, penyusunan kisi-kisi, penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan teknik penulisan soal.

Juknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini ditujukan kepada:
1. Guru madrasah;
2. Kepala Madrasah;
3. Pengawas Madrasah;
4. Pengambil Kebijakan dalam penilaian pembelajaran madrasah.

Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan Kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Penyusunan soal-soal HOTS umumnya menggunakan stimulus dengan memperhatikan empat kriteria berikut ini:

  1. Edukatif yaitu mendidik dan menghindari hal-hal yang negatif;
  2. Menarik yaitu variatif berupa antara lain narasi, infografis, gambar, tabel, teks bacaan, foto, kasus, foto, rumus, teks drama, penggalan cerita, peta, daftar kata, simbol, contoh, dan suara yang direkam;
  3. Inspiratif yaitu mampu mengembangkan imajinasi dan keingintahuan;
  4. Kekinian yaitu sesuai dengan kondisi terbaru (kontekstual).

Petunjuk teknis Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah ini membahasa secara lengkap mengenai kriteria penyusunan soal. Selengkapnya anda download Keputusan Ditjen Nomor 781 Tahun 2021 melalui tautan link di bawah ini:

SK Juknis Penyusunan Soal HOTS Madrasah 2021.pdf, Unduh

Demikianlah Keputusan Dirjen Nomor 781 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Madrasah yang dpaat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *