Juknis Penyaluran PKH Terbaru 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Juknis Penyaluran PKH Terbaru 2020. Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 04/3/OT.02.01/1/2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020.

Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) secara non tunai dilakukan dalam rangka mendukung program keuangan inklusif di Indonesia, khususnya dalam membangun sistem pembayaran Government-to-People. Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Sosial (Kemensos), selaku pelaksana program PKH, bekerjasama dengan Himbara, sebagai Bank penyalur, menyalurkan dana bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat.

Pelaksanaan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan agar sesuai dengan mekanisme kerja yang telah ditetapkan, serta tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat administrasi telah di atur dalam Juknis PKH tahun 2020.

Pada kegiatan rekonsiliasi penyaluran bansos tahun 2020 menggunakan Aplikasi E-PKH, Pengelolaan KKS Tidak Terdistribusi dan Pengelolaan KKS KPM Graduasi. Dengan penambahan tersebut diharapkan dapat menjawab adanya perubahan hal baru tersebut.

Berikut ini Mekanisme penyaluran bantuan sosial PKH secara non tunai yang meliputi:
1. Pembukaan Rekening Penerima Bantuan Sosial;
2. Sosialisasi dan edukasi;
3. Distribusi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS);
4. Proses Penyaluran Bantuan Sosial PKH;
5. Penarikan Dana Bantuan Sosial PKH;
6. Rekonsiliasi hasil penyaluran Bantuan Sosial PKH;
7. Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Penyaluran Bantuan sosial;

Adapun Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan Tahun 2019 adalah sebagi berikut:

Juknis Penyaluran Bantuan PKH 2020.pdf, Unduh

Demikianlah Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan Tahun 2020 dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *