Instrumen Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2020

Posted on

Websiteedukasi.com – Instrumen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Pelajaran 2019/2020. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri dengan memperhatikan paspor keterampilan dan portofolio.

Peserta UKK Tahun Pelajran 2019-2020 adalah siswa SMK aktif yang telah menuntaskan materi
pembelajaran yang akan diujikan. UKK menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam 1 (satu) event penilaian. Pelaksanaan UKK dikelola oleh satuan pendidikan terakreditasiyang akan dilangsungkan secara serentak pada rentan waktu tanggal 1 April s/d 3 Mei 2020.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bertujuan untuk :

  1. Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh;
  2. Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan/atau sertifikat uji kompetensi;
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  4. Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian yang menggunakan Instrumen Standar yang disusun pemerintah terdiri atas:

1. Instrumen Soal UKK (SPK).
Instrumen Soal UKK adalah tes berbentuk penugasan untuk mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan untuk menghasilkan suatu produk/jasa. Standar Instrumen Soal UKK yang disusun oleh pemerintah menguji aspek keterampilan dan sikap dan harus dilengkapi dengan Instrumen pengujian yang disusun oleh penguji atau asesor untuk menguji aspek pengetahuan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yang tercantum pada lembar penilaian UKK aspek pengetahuan. Instrumen pengujian aspek pengetahuan dapat berupa soal pilihan ganda, uraian, jawaban singkat, dan/atau wawancara;

2. Lembar Pedoman Penilaian UKK (PPsp).
Lembar Pedoman Penilaian UKK terdiri dari lembar penilaian dan rubrik penilaian. Lembar penilaian (aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap) memuat komponen, sub-komponen penilaian, dan lembar rekapitulasi penilaian. Rubrik penilaian memuat kriteria unjuk kerja, hasil, dan sikap kerja dari komponen dan sub-komponen penilaian.

3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK (InV).
Instrumen vertifikasi Penyelenggara UKK adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai TUK. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung, standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal.

Bagi anda yang belum mempunyai Instrumen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK/MAK Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) bisa mendownloanya melalui link yang saya sematkan di bawha ini:

Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Bisnis Konstruksi dan Properti.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Dental Asisten.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Desain Grafika.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Electrical Avionic.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Farmasi Industri.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Farmasi Klinis dan Komunitas.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Interior Kapal.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Konstruksi Kapal Baja.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Kriya Kreatif Keramik.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan.rar, Unduh
Instrumen UKK K13 Revisi 2020 – Nautika Kapal Niaga.rar, Unduh

Demikianlah Instrumen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *