Gerakan Tungkai Gaya Crawl (Bebas)

Posted on

Gerakan Tungkai dalam renang gaya crowl gerakan maju kedepan sebagian besar ditentukan oleh gerakkan lengan, sedangkan gerakkan kaki terutama berfungsi sebagai alat keseimbangan dan alat untuk menjaga agar kaki tetap tinggi untuk memperoleh posisi mendatar.

Gerakan Tungaki Gaya Crawl (Bebas)

Irama gerakkan kaki terdidri dari beberapa macam, yaitu :

  1. Naik turun mengarah lurus (Flutter Kick)
  2. Naik turun dengan 6 pukulan kaki (The Six Beat Kick) ; kedalam kaki dibawah permukaan air ketika naik turun dari atas permukaan air berkisar 25 – 30 cm.
  3. Naik turun dengan 4 pukulan (The Four Beat Kick atau Broken Tempo Kick)
  4. Naik turun dengan 2 pukulan (The Two Beat Kick)
  5. Naik turun dengan 2 pukulan menyilang (The Two Beat Crossover Kick)
    a.) Pada pase istirahat (di saat lutut membengkok, membentuk sudut untuk memukul dan melecut) mempunyai sudaut sekitar 30 – 40 derajad.
    b.) Kedalaman paha dari atas permukaan air ketika melakukan gerakkan kebawah atau saat memukul dan melecut adalah 20 – 15 cm.
    c.) Kedalaman tungkaikaki bagaian bawah/telapak kaki dari permukaan air ketika melakukan pukulan dan lecutan sekitar 30-35 cm.
Gambar Gerakan Tungaki

Gambar : Gerakan Tungkai

Gerakan Lengan Renang Gaya Bebas (Crawl)

Gerakan Lengan Renang Gaya Bebas (Crawl) ~ Didalam proses gerakkan lengan gaya bebas (Crawl) ada 4 (empat) fase, yaitu :

Continue >>

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Google News dengan cara Following (temukan feed website edukasi di bagian Following/Mengikuti) untuk mendapatkan berita & perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *