Evaluasi Capaian PISA 2018

Posted on

Websiteedukasi.com – Evaluasi Capaian PISA 2018 : Indonesia Perlu Segera Berbenah. PISA (Programme for International Student Assessment) merupakan sebuah program internasional yang diselenggarakan oleh The Organisation for Economic Co-operation and  Development (OECD). Program ini bertujuan untuk memonitor literasi membaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains dengan maksud mengevaluasi dan meningkatkan metode pendidikan serta menguji performa
akademis anak-anak sekolah secara rata-rata di setiap negara.

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka diperlukan pendidikan yang bermutu. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur mutu pendidikan Indonesia adalah berdasarkan capaian hasil Programme for International Student Assessment (PISA).

Berdasarkan hasil kajian, capaian PISA untuk tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia perlu segera berbenah untuk memperbaiki sistem pendidikannya. Hal ini tak lain karena meskipun telah bergabung selama hampir dua dekade menjadi partisipan PISA, capaian hasil PISA Indonesia masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan.

Skor PISA Indonesia masih tergolong masih sangat rendah dan berada di level bawah jika dibandingkan dengan negara-negara partisipan lainnya. Beberapa strategi yang dapat dilakukan guna peningkatan mutu pendidikan berbasis PISA yakni pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, pelibatan siswa dalam pengajaran membaca, perubahan strategi dalam metode pengajaran, memperkaya jenis bacaan siswa, penggalakan Gerakan literasi membaca serta mengambil best practice pendidikan dari negara.

Diharapkan dengan pelakssanaan strategi tersebut Indonesia dapat meningkatkan sistem pendidikannya agar penciptaan SDM yang berkualitas dan tenaga kerja terampil dapat terwujud.

Evaluasi Capaian PISA 2018.pdf, Unduh

Demikianlah Buku Evaluasi Capaian PISA 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *