Tata Cara Pengelolaan dan Pelaporan Dana BOS Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Halo sobat edukasi, pada postingan ini saya akan membagikan Tata Cara Pengelolaan dan Pelaporan Penggunaan Dana BOS Reguler 2021 jenjang SD, SMP, SMA dan SMK berdasarkan Permendikbud No. 6 Tahun 2021.

Tata Cara Pengelolaan dan Pelaporan Penggunaan Dana BOS Reguler Tahun 2021 terdapat pada lampiran 1 Permendikbud Nomo 6 Tahun 2021.

Tata Cara Pelaporan BOS Reguler Tahun 2021

1  Pelaporan Sekolah dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Sekolah harus menyusun pembukuan secara lengkap.
Pembukuan disertai dengan dokumen pendukung. Pembukuan yang harus disusun oleh Sekolah sebagai berikut:
1) RKAS;
2) buku kas umum;
3) buku pembantu kas;
4) buku pembantu bank;
5) buku pembantu pajak; dan
6) dokumen lain yang diperlukan;

b. Sekolah harus menyusun laporan secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. melakukan rekapitulasi realisasi penggunaan dana bos reguler yaitu melakukan rekapitulasi penggunaan dana BOS Reguler berdasarkan standar pengembangan Sekolah dan komponen pembiayaan dana BOS Reguler. Realisasi penggunaan dana yang dilaporkan merupakan seluruh penggunaan dana BOS Reguler yang diterima Sekolah pada tahun berkenaan. Laporan ini dibuat tiap tahap dan ditandatangani oleh Bendahara, kepala Sekolah, dan Komite Sekolah serta disimpan di Sekolah; dan
  2. Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana BOS Reguler kepada Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

c. Sekolah harus mempublikasikan semua pelaporan baik penerimaan dan penggunaan dana BOS Reguler kepada masyarakat secara terbuka. Dokumen yang harus dipublikasikan yaitu rekapitulasi dana BOS Reguler berdasarkan
komponen pembiayaan. Publikasi laporan dilakukan pada papan informasi Sekolah atau tempat lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat.

2. Contoh format laporan rekapitulasi realisasi penggunaan dana BOS Reguler di Sekolah sebagai berikut:

3. Pajak terkait penggunaan dana BOS Reguler di Sekolah mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pajak nasional dan pajak daerah.

Adapun Tata Cara Pengelolaan dan Pelaporan Dana BOS Reguler Tahun 2021 silahkan mendownloadnya melalui tautan link di bawah ini:

Lampiran 1 Permendikbud No 6 Tahun 2021 Download
Format Realisasi Penggunaan BOS Tahun 2021 Download

Demikianlah Tata cara Pelaporan Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS Reguler Tahun 2021 yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *