Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 dan Jawaban

Posted on

Websiteedukasi.com – Hallo sobat edukasi, mengingat sebentar lagi akan di selenggarakannya penilaian tengah semester genap! Yuk adik-adik kita persiapkan diri secara madiri dengan banyak berlatih soal PTS/UTS mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Semester 2 yang sudah dilengkap dengan Kunci Jawaban.

Penilaian tangah semester genap di laksanakan sebagai acuan guru untuk mendorong semangat belajar peserta didik untuk penilaian akhir tahun atau penilaian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mempersipakan diri adik-adik dapat berlatih soal-soal latihan penilaian tengah semester genap.

Apa Itu PTS?
PTS adalah singkatan dari Penilaian Tengah Semester. PTS/UTS merupakan kegiatan uji kompetensi peserta didik yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan secara rutin pada pertengahan semester di tiap tahunnya.

Melalui kegiatan Ulangan Tengan Semester atau Penilaian Tengah Semester dewan guru dapat mengevaluasi peserta didik dalam pencapaian nilai berdasarkan kompetensi dasar. Soal PTS/UTS diambil dari materi yang sudah dipelajari oleh peserta didik yang bersumber pada Buku Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan peserta didik. Anda dapat berlatihan secara mandiri dengan menggunakan soal latihan PTS/UTS khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia yang kami bagikan ini. Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester Genap ini bukanlah soal bocoran melainkan soal latihan untuk persiapan atau pemantapakan sebelum menghadapai kegiatan UTS.

Soal penilaian tengah semester genap yang akan kami bagikan ini dapat juga di gunakan oleh guru sebagai soal referensi untuk pembuatan soal penilaian tengah semester genap khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013.

Mengenal Soal PTS/UTS

Terdapat 2 Contoh Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Semester 2 ini implementasi Kurikulum 2013. Soal yang pertama terdiri dari 20 (dua puluh) soal pilihan ganda, 5 (lima) soal essai dan kunci Jawaban. Soal yang kedua 10 (sepuluh) soal pilihan ganda dan kunci jawaban.

Format File Pada Soal

Soal UTS Bahasa Indonesia Terpadu Kelas 9 Semester Genap ini dibuat atau disusun dengan menggunakan aplikasi pengolah kata yaitu microsoft word. Format Word tentu saja akan memudahkan dalam pengeditan apabila soal tersebut nantinya akan digunakan untuk soal ujian PTS/UTS.

Penyimpanan File Soal

File dalam format rar merupakan sebuat file yang ada didalam folder hasil pengekstrakan dari aplikasi yang sudah terinsatall di komputer atau laptop yang bernama winrar, seperti halnya pada Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas IX Jenjang SMP Semester 2 ini.

Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Semester Genap ini disimpan didalam folder yang diubah menjadi rar. Untuk membuka file tersebut sebenarnya sangat mudah, namun ada yang masih kesulitan untuk membukanya mungkin karena belum mengenal dengan format tersebut. Caranya bisa di lihat pada gambar:

Bagaimana jika mengextrac file pada Android? Caranya anda perlu menginsatall aplikasi pengextract file yang bisa anda dapatkan di Google Play.

Contoh Soal

Adapun contoh Soal latihan Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Materi Teks Tanggapan
Soal untuk mengidentifikasi dan menguraikan struktur teks tanggapan

1. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat! Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajari teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan di sana siswa juga dibekali dengan kemampuan praktik yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Sebagaimana yang sering kita dengar atau lihat, siswa SMK sering melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa lebih banyak belajar teori secara mendalam, sehingga lulusan SMA harus berkuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

Kutipan tersebut merupakan bagian teks tanggapan ….
A. evaluasi
B. deskripsi
C. penegasan ulang
D. kesimpulan

2. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!
Internet memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar. Internet menyediakan situs yang isinya tidak pantas untuk dilihat oleh pelajar terutama pelajar SD dan SMP Informasi pada kutipan tersebut termasuk….
A. sanggahan
B. kritik
C. pujian
D. evaluasi

3. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia atau terjadi secara alami. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, timah, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida.

Saat ini, jumlah karbon dioksida (CO2) yang dilepaskan ke udara terus mengalami peningkatan sehingga terjadilah efek rumah kaca atau kenaikan suhu di bumi. Efek rumah kaca ini menjadi masalah darurat yang dapat mengancam kehidupan manusia di bumi. Peningkatan suhu di bumi menyebabkan salju di daerah kutub mencair sehingga permukaan air laut meningkat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang memicu semakin sering terjadinya banjir di bumi.

Karbon monoksida membuat kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh berkurang. Karbon monoksida ini dihasilkan oleh asap motor dan mobil. Sulfur dioksida (SO2) yang meningkat di atmosfer menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, terutama radang paru-paru, penyakit bronkitis, dan gagal jantung. Selain itu, SO2 juga mampu merusak semua vegetasi hingga jarak yang jauh. SO2 merupakan komponen utama yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan korosi pada bangunan dan kerusakan hutan.

Isi paragraf ke-1 bacaan tersebut adalah…
A. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia
B. Bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin.
C. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfur dioksida.
D. Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna

Download Soal

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini;

Soal Penilaian Tengah Semester

Name : Soal PTS 2 B.Indonesia Kelas IX K13

Format : Word

Size : 175 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Soal dan Jawaban PTS Kelas IX SMP Semester 2 Lengkap

Download Juga:
Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas VII Semester 2
Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 2

Demimkian Soal Latihan dan Kunci Jawaban PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 / IX SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *