Juknis SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun 2021/2022

Posted on

Websiteedukasi.com – Petunjuk Teknis (Juknis) SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun 2021/2022. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia.

Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs / SMP baik negeri maupun swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program  Keagamaan, dan MAKN perlu melaksanakan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021-2022.

Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan,  dan MA Kejuruan Negeri, maka Kementerian Agama menerapkan Sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAN Kejuruan (SNPDB MANIC-MANPK-MAKN).

SNPDB MANIC-MANPK-MAKN merupakan salah satu instrumen untuk menjaring  calon  peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan  dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Di samping itu, SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Pelajaran 2021/2022 diharapkan dapat menjaring  peserta didik yang  berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/ numerik, kemampuan logika/ penalaran, dan  kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi:  Matematika,  IPA  (Fisika dan Biologi),  Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Saat ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan Keputusan Ditjen Pendis Nomor 7291 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAK Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022.

Berikut ini link download Petunjuk Teknis / Juknis SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2021/2022:

Juknis SNPDB MAN Insan Cendekia 2021/2022.pdf, Unduh
Surat Rekomendasi SNPDB.doc, Unduh

Demikianlah Juknis (Petunjuk Teknis) SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *