Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru 2019

Posted on

Websiteedukasi.com – Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS – PKG) Tahun 2019. Diktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah menerbitkan Buku / Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru bertujuan untuk membekali kepala sekolah agar dapat melaksanakan tugas supervisi kepada guru dengan baik.

Kepala sekolah adalah pemimpin dan sekaligus penanggung jawab terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan kinerja yang baik. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk menjamin adanya proses peningkatan profesionalisme guru sekaligus melakukan penilaian kinerjanya.

Salah satu upaya penting dalam pengembangan pengembangan profesionalisme dan peningkatan kinerja guru di sekolah adalah supervisi kepada guru. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan supervisi kepada guru. Pada sisi lain, guru harus dinilai kinerjanya melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).

PK Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Dua kegiatan tersebut memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda. Supervisi kepada guru lebih bersifat membantu guru dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan PK Guru lebih condong pada justifikasi  kinerja guru.

Ruang lingkup materi supervisi dan penilaian kinerja guru meliputi:
a) Konsep Supervisi Guru
b) Prinsip-Prinsip Supervisi Guru
c) Pendekatan, Teknik  dan Model Supervisi Guru
d) Instrumen Supervisi Guru
e) Tahapan Supervisi Guru
f) Konsep Penilaian Kinerja Guru
g) Prinsip-Prinsip Penilaian Kinerja Guru
h) Komponen PK Guru
i) Waktu Pelaksanaan PK Guru
j) Aspek yang Dinilai
k) Perangkat Pelaksanaan PK Guru
l) Pelaksanaan PK Guru
m) Pengolahan Hasil Penilaian

Lebih lanjut dalam memahami Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS – PKG), alangkah baiknya bapak dan ibu Kepala Sekolah mendownload Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru Terbaru Tahun 2019 pada link dibawah ini:

Modul Supervisi dan PKG 2019.pdf, Unduh

Demikian informasi Modul Pelatihan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS – PKG) Tahun 2019 kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *