Buku Manajemen Berbasis Sekolah SMA

Buku Manajemen Berbasis Sekolah SMA

Websiteedukasi.com - Buku Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SMA. MBS adalah salah satu basis manajemen pengelolaan sekolah yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan bersama secara partisipatif dari semua warga sekolah dan masyarakat di sekitarnya dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. Model manajemen demikian ditujukan untuk memberikan kemandirian kepada sekolah serta meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan kebijakan pendidikan nasional.

Buku Manajemen Berbasis Sekolah merupakan salah satu dari sejumlah buku yang ditulis untuk menampilkan hasil program yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMA dalam meningkatkan partisipasi dan mutu pendidikan. Manajemen Berbasis Sekolah merupakan model penyelenggaraan pendidikan SMA dengan pemberian otonomi yang cukup besar bagi pengelola sekolah.


Dalam buku ini ditampilkan konsep MBS secara utuh, khususnya di SMA, serta kaitannya dengan program peningkatan mutu. Melalui otonomi yang cukup besar kepada manajemen sekolah, diharapkan sekolah memiliki kemampuan untuk melakukan proses pendidikan sesuai dengan konteks lokalnya. Bagaimanapun juga potensi, keunggulan dan kearifan lokal merupakan salah satu kekuatan yang dapat menjadi keunggulan sekolah. Melalui MBS pada akhirnya diharapkan dapat tercipta kemandirian sekolah.

Selain hal yang terkait konsep MBS, pada buku ini juga dipotret model pengelolaan sekolah yang saat ini terjdi di berbagai sekolah di Tanah Air. Pemilihan sekolah dilakukan atas dasar sampling, mengingat pada dasarnya setiap sekolah memiliki karakteristik pengelolaan yang khas.

Buku MBS Jenjang SMA diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, untuk memahami konsep MBS di SMA sekaligus membandingkannya dengan potret pengelolaan sekolah yang ada, sehingga muncul gagasan baru atau penguatan dalam manajemen SMA di masa yang akan datang. Melalui buku ini pula diharapkan muncul spirit untuk terus menyediakan layanan SMA bermutu yang lebih dekat dengan masyarakat, sehingga pemenuhan hak masyarakat terhadap pendidikan dapat dipenuhi.

MBS bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah untuk mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif. Lebih rincinya, MBS bertujuan untuk:
1. meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia;
2. meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama;
3. meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolah;
4. meningkatkan kompetisi yang sehat antarsekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.

Selengkapnya, berikut ini link download Buku Manajemen Berbasis Sekolah Jenjang SMA:

Buku Manajemen Berbasis Sekolah SMA.pdf, Unduh

Demikianlah kami bagikan Buku Manajemen Berbasis Sekolah SMA, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar