Peningkatan Proses dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 SMK

Peningkatan Proses dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 SMK

Peningkatan Proses dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 SMK - Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK merupakan Buku Panduan guru maupun calon guru, peneliti, maupun akademisi yang berkecimpung dalam kajian pendidikan abad 21 dan pembelajaran berpikir tingkat tinggi.

Buku Panduan Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK disusun berawal dari hasil kajian penulis tentang sejumlah informasi hasil kajian inovasi pembelajaran dari berbagai SMK rujukan sebagai implementasi dari pembelajaran abad 21 dan analisis profil faktor pendukung yang spesifik untuk penyelarasan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran abad 21 yang terkait dengan kurikulum, kompetensi guru, sarana prasarana, dan tata kelola kelembagaan.

Pengimplementasiannya pada buku tersebut dalam bentuk pengembangan strategi optimalisasi pembelajaran abad 21 di SMK. Aspek lain yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan penilaian pembelajaran di SMK adalah faktor pendukung yang spesifik untuk penyelarasan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran abad 21, yaitu: kurikulum, kompetensi guru, sarana prasarana, dan tata kelola kelembagaan, termasuk kerjasama dengan dunia industri.

Peningkatan Proses dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 SMK

Pembelajaran di SMK mengedepankan pendekatan berbasis potensi alam kehidupan nyata. Model ini memungkinkan tumbuhnya sekolah-sekolah kreatif sesuai dengan keunggulan potensi wilayah. Ciri abad 21 menurut Hernawan (2006) adalah meningkatnya interaksi antar warga dunia baik secara langsung maupun tidak langsung, semakin banyaknya informasi yang tersedia dan dapat diperoleh, meluasnya cakrawala intelektual, munculnya arus keterbukaan dan demokkratisasi baik dalam politik maupun ekonomi, memanjangnya jarak budaya antara generasi tua dan generasi muda, meningkatnya kepedulian akan perlunya dijaga keseimbangan dunia, meningkatnya kesadaran akan saling ketergantungan ekonomis, dan mengaburnya batas kedaulatan budaya tertentu karena tidak terbendungnya informasi.

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi, keterampilan pembelajaran, inovasi, dan keterampilan hidup. Selengkapnya bagi bapak dan ibu guru yang belum memiliki Buku Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini;

Peningkatan Proses & Penilaian Pembelajaran Abad 21 SMK.pdf, Unduh

Demikian Buku Pedoman Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar