Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 disusun sebagai manifestasi fungsi dan tanggung jawab BANS/M dalam melaksanakan program akreditasi sekolah/madrasah.

Pedoman ini memuat garis-garis besar kebijakan BAN-S/M dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 yang dalam implementasinya akan dituangkan dalam Panduan sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan program akreditasi sekolah/madrasah.

Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 lebih banyak dilaksanakan secara daring (online) mengingat situasi Pandemi yang belum mereda, dan dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah terkait wabah COVID-19, yakni dengan meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara langsung.

Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021 ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Ketua BAN S/M Nomor : 215/BAN-SM/SK/2021 diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah di tahun 2021.

Tujuan Akreditasi
Akreditasi sekolah/madrasah bertujuan untuk memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah yang
dilaksanakan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan, memetakan mutu pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan dan memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Manfaat Akreditasi

  1. acuan dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah/madrasah
  2. umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah
  3. motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional
  4. informasi dan rekomendasi Pemerintah, pemerintah daerah, yayasan/lembaga pendidikan, maupun komite sekolah/madrasah dalam rangka perbaikan mutu sekolah.

Mekanisme Akreditasi Sekolah/Madrasah

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 silahkan melalui tautan link dibawah ini:

Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru

Name : Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021

Format : PDF

Size : 2.5 MB

File Compatible : All Windows

Demikianlah Buku Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2021 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *