Silabus Kelas 6 SD Lengkap Semua Tema

Posted on

Websiteedukasi.com – Hallo Sahabat edukasi, berjumpa kembali. Pada postingan ini kami akan membagikan Silabus Tematik Kelas VI SD/MI Semester Ganjil dan Genap Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang bisa anda dapatkan secara gratis.

Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 Kelas VI SD dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini mencakup beberapa kompetensi mata pelajaran yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pembelajaran tematik di Kelas 6 SD/MI sudah ada mata pelajaran IPA dan IPS.

Pemerintah sendiri telah menyusun Silabus Tematik yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus Tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan atau juga dapat langsung menggunakan model silabus tersebut atau bisa juga mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan.

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Penentuan tema yang dijadikan sebagai ide besar dari pembelajaran yang menghubungkan konsep dan kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik.

Pendekatan ini dimaksudkan agar peserta didik tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh pada peserta didik seperti yang tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Tema yang pilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal yang dialami peserta didik.

Apa itu Silabus ?

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Manfaat Silabus

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Format dan Model Silabus

Pada dasarnya tidak ada format dan model silabus yang baku. Hal ini disebabkan banyaknya variable yang mempengaruhi pengembangan model silabus, yang mengkibatkan silabus bersifat dinamis, dalam artian suatu model dapat dilaksanakan dengan baik untuk kondisi tertentu belum tentu cocok untuk kondisi yang lain atau suatu model berhasil diterapkan dengan baik oleh guru tertentu, belum tentu berhasil dengan baik jika diterapkan oleh guru yang lain. Oleh karena itu, setiap guru diharapkan dapat mengembangkan silabus-silabus yang sesuai dengan karakteristik pribadi guru dan kondisi lingkungan dimana guru bertugas.

Penyusunan Silabus

Silabus disusun dengan format dan penyajian yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan  materi dan kompetensinya.

Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Contoh Silabus

Silabus disusun untuk membantu guru dalam penyusunan RPP. Silabus Kelas 6 ini dibuat sesuai buku Kelas VI kurikulum 2013 Revisi 2018, untuk contoh itu sendiri Silabus Tematik Kelas VI SD Kurikulum 2013 ini terdapat 3 (tiga) contoh yang pertama Silabus Tematik Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 dengan 3 (tiga) kolom, Silabus Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 format 8 (delapan) komponen dan Silabus Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 format 9 (sembilan) komponen.

Cara Mendapatkan Silabus

Untuk bisa mendapatkan Silabus Tematik Kelas 6 SD/ MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 kami sudah meyediakan file dalam format rar, untuk membukanya anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Bagi yang ingin mendownloadnya silahkan melalui tombol download yang ada dibawah ini:

Silabus Tematik SD Terbaru

Name : Silabus Tematik Kelas 6

Format : Word

Size : 3.2 MB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi kami:
Silabus Tematik Kelas 1 Lengkap
Silabus Tematik Kelas 2 Lengkap
Silabus Tematik Kelas 3 Lengkap
Silabus Tematik Kelas 4 Lengkap
Silabus Tematik Kelas 5 Lengkap

Download Juga :
ATP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
ATP Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka
ATP Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
ATP Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Perangkat Lainnya:
Perangkat Pembelajaran Jenjang SD Semua Kelas

Demikian Silabus Kelas 6 (VI) jenjang SD/MI Semester 1 (ganjil) dan Semesteter 2 (genap) Kurikulum 2013 Revisi terbaru yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

8 comments

  1. Pak, tabel silabusnya kok gak ada indikatornya ya, apa memang belum ada? terima kasih dan selamat berkarya pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *