Perangkat Pembelajaran PAUD/TK K13 Revisi Terbaru Lengkap

Posted on

Websiteedukasi.com – Perangkat Pembelajaran PAUD/TK/RA K13 Revisi Terbaru Lengkap – Halo sobat webisteedukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Perangkat Pembelajaran TK/ PAUD Semester 1/ ganjil dan semester 2/ genap Kurikulum 2013 untuk tahun pelajran 2019/2020 yang bisa anda unduh secara gratis.

Administrasi Guru/ Perangkat Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013 ini dapat anda gunakan sebagai contoh untuk pembuatan perangkat pembelajaran di tahun pelajaran 2019/2020. Administrasi TK/ PAUD Kurikulum 2013 ini kami bagikan secara lengkap yang didalamnya terdapat tema dan subtema.

Tema dan Subtema PAUD / TK / KB / TPA merupakan alat atau wadah untuk mengenalkan berbagi konsep kepada anak didik secara utuh. Tema diberikan dengan maksud menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Penggunaan tema dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.

Prinsip-prinsip pemilihan tema :

  • Kedekatan, artinya tema dipilih mulai dari tema yang terdekat dengan kehidupan anak kepada tema yang semakin jauh dari kehidupan anak.
  • Kesederhanaan, artinya tema dipilih mulai dari tema-tema yang sederhana kepada tema-tema yang lebih rumit bagi anak.
  • Kemenarikan, artinya tema dipilih mulai dari tema-tema yang menarik minat anak kepada tema-tema yang kurang menarik minat anak.
  • Keinsidentalan, artinya peristiwa atau kejadian di sekitar anak (sekolah) yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung hendaknya dimasukkan dalam pembelajaran walaupun tidak sesuai dengan tema yang dipilih pada hari itu.

Langkah pemilihan tema:

  • Mengidentifikasi tema yang sesuai dengan hasil belajar dan indikator.
  • Menata dan mengurutkan tema berdasarkan prinsip-prinsip pemilihan tema.
  • Menjabarkan tema kedalam sub-sub tema agar cakupan tema tidak terlalu luas.
  • Memilih sub tema yang sesuai.

Adapun Perangkat pembelajaran TK / Paud k13 yang coba saya bagikan ini diantaranya sebagai berikut :
1.   Materi dan Indikator
2.   Prota Semester 1 dan 2
3.   Promes Semester 1 dan 2
4.   RPPH Semester 1 dan 2
5.   RPPM Semester 1 dan 2
6.   Jadwal harian
7.   Tema dan subtema Pembelajaran
8.   Blangko dan Form Buku Guru TK – RA
9.   Alat penilaian Perkembangan K13
10. Buku bantu penilaian harian
11. Jurnal Program tahunan
12. Lembar Pengesahan
13. Notula
14. Rangkuman penilaian
15. SK Perkembangan Kurikulum
16. Perangkat Kreditasi TK RA

Selengkapnya, bagi anda ynag belum memiliki Perangkat Pembelajaran TK/ PAUD Semester ganjil dan genap Kurikulum 2013 Revisi bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Perangkat Paud/TK/RA k13 Lengkap.zip, Unduh

Demikian Perangkat Pembelajaran TK/PAUD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi yang dapat saya bagikan, smeoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

1 comment

  1. trimakasi yang tak terhingga atas sumbangsih ilmunya saudra seperjuangan , ini sangat bermanfaat bagi kami,mudah2an Yang Maha Kuasa membalas amal baik ini dengan balasan yang akan memudahkan setiap langkah anda. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *