Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018

Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018

Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018 - Halo sobat webisteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Pedoman Umum Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru yang selanjutnya disebut Program Diklat Guru adalah merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya.

Pada tahun 2018, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru berbasis komunitas GTK. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru kelas, guru mapel dan guru Bimbingan Konseling (BK) untuk semua jenjang pendidikan dengan rata-rata nasional yaitu 75 dan melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi guru kejuruan.


Juknis/ Pedoman Program PKB Tahun 2018 disusun agar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan sesuai dengan prosedur. Serta disusun untuk digunakan sebagai acuan kerja bagi semua unit
kerja/instansi yang akan melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru bagi guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling untuk semua jenjang pendidikan dan guru kejuruan.

Program Diklat Guru 2018 secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya.

Secara khusus, Program Diklat Guru 2018 bertujuan agar peserta:

  1. menunjukkan kemampuan sebagai profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru;
  2. menguasai kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan kelompok kompetensi atau unit kompetensi yang dipelajari;
  3. memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya;
  4. menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme, dan keceriaan bagi peserta didiknya;
  5. memiliki kemauan untuk terus belajar mengembangkan potensi dirinya;
  6. meningkatkan kompetensi guru kejuruan yang memenuhi kualifikasi sesuai Skema Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level IV;
  7. membekali guru kejuruan sehingga mampu menjadi guru yang profesional di SMK;
  8. memiliki sertifikat kompetensi sesuai Skema Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level IV bagi guru kejuruan.
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum memiliki Juknis/ Pedoman Umum Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun 2018 bisa mengundunya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Pedoman Umum PKB 2018.pdf, Unduh


Demikian Pedoman Umum Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar