Pedoman Penulisan dan Penerbitan NISM Tahun 2018

Posted on

Pedoman Penulisan dan Penerbitan NISM Tahun 2018 – Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Pedoman Penulisan dan Penerbitan NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah) tahun pelajaran 2018/2019 yang bisa anda unduh secara gratis.

Berdasarkan Direktur Jenderal Pendidikan lslam (Dirjenpendis) Kementerian Agama Republik lndonesia Nomor 363 tahun 2017 tentang Panduan Penerbitan Nomor lnduk Siswa Madrasah jenjang RA, Ml, MTs dan MA, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur telah menerbitkan Surat Edaran Nomor : B-27151/Kw.13.2/4/Kp.02.2/06/2018 Tentang Perihal Penerbitan NISM.

Adapun Salinan Penulisan dan Penerbitan NISM Tahun 2018, adalah sebagai berikut:
1. Bahwa untuk penertiban tata kelola administrasi peserta didik pada satuan pendidikan madrasah maka diperlukan susunan nomor unik bagi setiap peserta didik yang dicatat dalam buku induk madrasah yang selanjutnya disebut Nomor lnduk Siswa Madrasah ( NISM )

2. Penyusunan NISM didasarkan pada panduan penerbitan NISM sebagaimana tercantum dalam sK Dirjen Pendis Nomor 363 tahun 2017 yang diberlakukan bagi madrasah negeri maupun swasta dan menjadi dasar pada penomoran ijazah, SHUAMBN/SHUAMD serta kegiatan kesiswaan dilingkungan Kementerian Agama.

3. NISM terdiri dari 18 (delapan belas ) digit angka dengan susunan sebagi berikut:

Keterangan :
X : 12 (dua belas ) digit angka adalah Nomor Statistik Madrasah (NSM) yang telah terdaftar dalam data base EMIS Pendis Kemenag
Y : 2 (dua ) digit angka adalah tahun masuk peserta didik pada madrasah yang bersangkutan
Z : 4 (empat ) digit angka adalah nomor urut siswa yang terdaftar di madrasah bersangkutan berdasarkan tahun masuk baik melalui PPDB maupun mutasi masuk

Contoh :
Tahun masuk 2017 : 0001, 0002, 0003 …. Dst
Tahun masuk 2018 : 0001, 0002, 0003…. Dst

4. Jika terdapat mutasi masuk siswa maka diberikan NlsM sesuai dengan tahun masuk siswa ke madrasah bersangkutan dengan meneruskan nomor terakhir siswa masuk melalui PPDB pada tahun berjalan.

Selengkapnya, bagi Madrasah yang belum memiliki Pedoman Penulisan dan Penerbitan NISM Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Pedoman Penerbitan NISM.pdf, Unduh

Demikian Pedoman Penulisan dan Penerbitan NISM Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *