IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018 - Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bahasa Indonesia Kelas 10/ X jenjang SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) adalah merupakan merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. IPK dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni mengembangkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran seperti yang coba saya bagikan ini.


Dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian, terdapat 2 (dua) rumusan indikator, yaitu: indikator pencapaian kompetensi yang terdapat dalam RPP, dan indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang dikenal sebagai indikator soal.

Pengembangan IPK harus mengakomodasi kompetensi yang tercantum dalam KD. IPK dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan kata kerja operasional. Rumusan IPK sekurang-kurangnya mencakup 2 (dua) hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi. Kata kerja operasional pada IPK pencapaian kompetensi aspek pengetahuan dapat mengacu pada ranah kognitif taksonomi Bloom, aspek sikap dapat mengacu pada ranah afektif taksonomi Bloom, aspek keterampilan dapat mengacu pada ranah psikomotor taksonomi Bloom.

IPK (indikator pencapaian kompetensi) pada Kurikulum 2013 untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. IPK untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.

Adapun Analisis IPK kelas X/10 kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 bisa bapak/ ibu guru unduh melalui tautan  link yang saya sematkan di bawah ini.

IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi 2018.docx, Unduh

Demikian Analisis KI, KD, IPK Bahasa Indonesia Kelas 10 jenjang SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang telah saya bagikan, semoga bermanfaat.

Banyak dibaca:

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar