Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) MTs 2022 Lengkap

Posted on

Websiteedukasi.com – Direktorat KKSK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI melalui Surat Keputusan No. B-350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 tertanggal 14 Februari 2022 telah menerbitkan Kisi-kisi Ujian Madrasah Jenjang Madrasah Tsanawiyah Tahun 2022.

Kisi-kisi Ujian Madrasah MTs 2022 di terbitkan lebih awal agar adik-adik dapat belajar lebih maksimal dan bisa mendapatkan nilai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Disampaikan oleh Kementerian Agama melalui surat edaran penyusunan soal Ujian Madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada Masa Pandemi, yaitu keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman penyebaran COVID-19.

Soal UM MTs Tahun 2022 agar dapat disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan tersitanya banyak waktu dan kelelahan siswa yang berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi perhatian semua pihak.

Jumlah pada tiap-tiap soal Ujian Madrasah MTs Tahun 2022 ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.

Berasarkan dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi yang dinilai. Bentuk ujian dimaksud antara lain portofolio, penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah.

Ujian dengan bentuk portofolio di laksanakan jika terjadi kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar.

Apabilan Kondisi sangat darurat mendapatkan rekomendasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota setelah sebelumnya dilakukan verifikasi oleh Pengawas yang ditugasi oleh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Kisi-kisi Ujian Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab disusun dengan mengacu pada Kurikulum 2013 (KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah).

Kisi-Kisi Ujian Madrasah Terbaru

Kisi-Kisi UM MTs 2022 Mapel PAI & Bahasa Arab terdiri dari:
1. Al-Qur’an Hadis – Download
2. Akidah Akhlak – Download
3. Bahasa Arab – Download
4. Fikih – Download
5. SKI – Download

Demikian Kisi-Kisi Ujian Madrasah MTs 2022 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *