Panduan Pendataan Peserta Asesmen Nasional SMP Tahun 2021

Posted on

Websiteedukasi.com – Download Buku Manual Panduan Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tingkat SMP, MTs, SMPTK Tahun Pelajaran 2020/2021.

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tahun 2020/2021 jenjang SMP/MTs/SMPTK adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021. Aplikasi ini dapat diakses secara daring melalui laman http://biosmp.kemdikbud.go.id/

Tujuan dibangunnya Sistem pendataan ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan data (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.

1. SPESIFIKASI KOMPUTER
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akandigunakanuntuk melakukan proses pengentriankedalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi2 yaitu sepesifikasi perangkat keras(Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yang disebabka noleh perangkat keras atau pun sistem operasinya. Dibawah ini akan ditampilkan rekomendasi hardware dan softwar eyang sebaiknya digunakan dalam proses pendataan Online.

a. Perangkat Keras
Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum :
Prosesor : Pentium Core i3 dan diatasnya (atau AMD)
Memori : 2 GB
Adapter : VGA 64 Bit (512 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

b. Perangkat Lunak
Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows 7, Windows 8, Windows 10

2. SPESIFIKASI APLIKASI
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

a. Browser Internet
Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan.

Calon Peserta UN online adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :
Nama Browser : Google Chrome / Mozilla Firefox
Produksi : Google / Mozilla

b. Microsoft Excel
Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem.
Pendataan Calon Peserta UN Online karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoftexcel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah :
Nama : Microsoft Excel versi2007atau diatasnya
Produksi : Microsoft

3. SITUS WEB ENTRY DATA
Situs Pendataan Calon Peserta UN merupakan situs khusus yang digunakan oleh operator untuk melakukan proses pengentrian data siswa. Dimana di dalam situs operator ini diperlukan suatu account khusus yang diberikan untuk login ke dalam sistem dengan proteksi khusus.

Sistem login ini akan menetukan otorisasi atau hak akses dari masing-masing operator Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah mengenai modul-modul yang boleh diakses oleh operator sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dan juga digunakan untuk mengidentifikasi operator tersebut.

4. AUTO LOG OUT
Pada sistem ini terdapat fasilitas auto log out. Maksudnya yaitu bila dalam periode tertentu Anda tidak melakukan aktifitas apa pun terhadap sistem maka sistem secara otomatis akan log out atau kembali ke form login. Sehingga jika Anda harus memasukkan kembali account Anda untuk masuk ke dalam Sistem yang sudah log out.

Selengkapnya silhkan download buku manual Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui link dibawah ini:

Buku Manual AKM SMP.pdf, Unduh

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *