Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018 - Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Kisi-Kisi USBN jenjang SD/MI Tahun 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

USBN jenjang SD/MI merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa sekolah hanya untuk beberapa mata pelajaran tertentu. Kisi Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SD/MI Tahun 2018 hanya terdiri dari 3 (tiga) mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu pengetahuan Alam (IPA).

Sesuai kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk USBN jenjang SD/MI 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) hanya menguji 3 (tiga) mata pelajaran seperti apa yang sudah dijelaskan pada paragraf diatas.

Informasi yang didapat dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno menyatakan format soal USBN SD 2018 disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor) sebesar 20 persen hingga 25 persen, dan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

"Sedangkan untuk Ujian Sekolah (US), 100 persen soal disiapkan sekolah berdasarkan kisi-kisi nasional yang disiapkan oleh pusat," ujar Kabalitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam Diskusi Kebijakan Pendidikan tentang USBN 2018 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Totok mengatakan, soal untuk USBN SD/MI juga akan menyertakan esai sebanyak 10 persen dari total soal. Hal ini berbeda dengan US/M yang berlaku pada tahun sebelumnya, di mana semua soal berbentuk pilihan ganda.

Kemudian untuk lima mata pelajaran pada Ujian Sekolah, soal-soal akan dibuat oleh guru masing-masing sekolah. Meksipun begitu, Kemendikbud akan mendorong guru-guru untuk membuat soal Ujian Sekolah dengan kombinasi antara pilihan ganda dan esai. "Esai sangat bagus untuk kompetensi generasi abad 21,"  ujar Totok.

Bagi SD/MI yang sudah bisa menerapkan ujian berbasis komputer, soal-soal dalam bentuk pilihan ganada dikerjakan menggunakan komputer, baik untuk USBN maupun Ujian Sekolah (US). Sedangkan soal esai akan dikerjakan secara manual pada kertas esai.

Berikut ini penampakan Kisi-Kisi USBN SD/MI 2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu pengetahuan Alam (IPA).


Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru serta siswa siswi yang belum memiliki Kisi-Kisi USBN jenjang SD/MI 2018 Mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa mengunduhnya pada tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Kisi-Kisi USBN SD/MI 2018.pdf, Unduh File

Demikian Kisi-Kisi USBN jenjang SD/MI Tahun 2018 atau tahun pelajaran 2017/2018 yang dapat saya bagiakn, semoga bermanfaat.

Sering dibaca:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar