Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Jawaban

Posted on

Websiteedukasi.com – Halo sahabat edukasi, mengingat sebentar lagi akan di selenggarakan penilaian tengah semester genap, berikut kami bagikan Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 lengkap dengan kunci Jawabannya.

Penilaian tangah semester genap di laksanakan sebagai acuan guru untuk mendorong semangat belajar peserta didik untuk penilaian akhir tahun atau penilaian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Oleh karena itu untuk mempersipakan diri adik-adik dapat berlatih soal-soal latihan penilaian tengah semester genap.

Apa Itu PTS?
PTS adalah singkatan dari Penilaian Tengah Semester. PTS/UTS merupakan kegiatan uji kompetensi peserta didik yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan secara rutin pada pertengahan semester di tiap tahunnya.

Melalui kegiatan Ulangan Tengan Semester atau Penilaian Tengah Semester dewan guru dapat mengevaluasi peserta didik dalam pencapaian nilai berdasarkan kompetensi dasar. Soal PTS/UTS diambil dari materi yang sudah dipelajari oleh peserta didik yang bersumber pada Buku Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan peserta didik. Anda dapat berlatihan secara mandiri dengan menggunakan soal latihan PTS/UTS khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia yang kami bagikan ini. Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap ini bukanlah soal bocoran melainkan soal latihan untuk persiapan atau pemantapakan sebelum menghadapai kegiatan UTS.

Soal penilaian tengah semester genap yang akan kami bagikan ini dapat juga di gunakan oleh guru sebagai soal referensi untuk pembuatan soal penilaian tengah semester genap khusunya mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013.

Mengenal Soal PTS/UTS

Terdapat 2 Contoh Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Semester 2 ini implementasi Kurikulum 2013 ini terdiri dari 25 (dua puluh lima) soal pilihan ganda, 20 (dua puluh) soal pilihan ganda dan kunci Jawaban.

Materi Soal

Materi Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini yaitu Fiksi Soal 1 – 10 dan Nonfiksi Soal 11 – 20.

Format File Pada Soal

Soal UTS Bahasa Indonesia Terpadu Kelas 7 Semester Genap ini dibuat atau disusun dengan menggunakan aplikasi pengolah kata yaitu microsoft word. Format Word tentu saja akan memudahkan dalam pengeditan apabila soal tersebut nantinya akan digunakan untuk soal ujian PTS/UTS.

Penyimpanan File Soal

File dalam format rar merupakan sebuat file yang ada didalam folder hasil pengekstrakan dari aplikasi yang sudah terinsatall di komputer atau laptop yang bernama winrar, seperti halnya pada Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas VII Jenjang SMP Semester 2 ini.

Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Semester Genap ini disimpan didalam folder yang diubah menjadi rar. Untuk membuka file tersebut sebenarnya sangat mudah, namun ada yang masih kesulitan untuk membukanya mungkin karena belum mengenal dengan format tersebut. Caranya bisa di lihat pada gambar:

Bagaimana jika mengextrac file pada Android? Caranya anda perlu menginsatall aplikasi pengextract file yang bisa anda dapatkan di Google Play.

Contoh Soal

Adapun gambaran contoh Soal Latihan Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari.…
A. buku tes
B. buku fiksi
C. buku nonfiksi
D. buku cerita
2. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah.…
A. Biografi
B. Novel
C. Puisi
D. Fabel

Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal no. 3-4!
Brokoli mungkin bukan sayur yang paling populer. Tapi, brokoli adalah salah satu yang paling bergizi. Itu sebabnya, brokoli disebut dengan superfood. Brokoli tinggi akan serat, antioksidan, vitamin B, A, C, K, dan zat besi. Baru-baru ini, brokoli telah dipuji karna kemampuannya memerangi osteoartritis. Secara luas, sayuran yang satu ini juga telah lama diakui sebagai pelawan kanker.

Penelitian terbaru dari University of East Anglia (UEA) di inggris dan diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism mengindentifikasi bahwa brokoli sarat akan senyawa Sulforafan. Dalam percobaan laboratorium, senyawa ini ternyata ampuh memperlambat osteoartritis. Sulforafan menampilkan perilaku antiinflamasi dan berperan memperlambat dekomposisi tulang rawan sendi.

3. Hal yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah .…
A. cara memproduksi brokoli
B. manfaat brokoli
C. penelitian University of East Anglia
D. brokoli sebagai pelawan kanker

4. Informasi yang sesuai dengan paragraf ke-2 adalah….
A. brokoli disebut dengan superfood
B. brokoli sarat akan senyawa Sulforafan
C. brokoli salah satu yang paling bergizi
D. brokoli tingi akan serat

5. Perhatikan daftar buku berikut!
– Cerpen
– Novel
– Komik
– Biografi
– Pidato
– Mitos
– Buku pelajaran

Kelompok buku-buku tersebut yang termasuk kategori nonfiksi adalah….
A. cerpen, novel, dan komik
B. novel, biografi dan mitos
C. biografi, Pidato, dan buku pelajaran
D. pidato, mitos, buku pelajaran

6. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan…., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
A. Opini
B. Pendapat
C. pandangan orang
D. Fakta

Bacalah kutipan buku berikut untuk menjawab soal no. 7-9!

Benarkah Bumi Berbentuk Bulat?

Ternyata meskipun bumi berbentuk bulat seperti bola, namun rata di kutubkutubnya. Jadi, bentuknya tidak bulat sempurna. Fakta menunjukkan bumi memiliki jari-jari kutub = 6.356 km yang lebih pendek dari jari-jari khatulistiwa = 6.378 km, demikian pula garis lingkar kutub bumi (40.008 km) lebih pendek dari garis lingkar khatulistiwa (40.075 km). Nah, kalau bulat seperti bola jari-jari dan garis lingkarnya harusnya sama kan?

Dahulu, masyarakat di berbagai penjuru dunia memiliki pandangan dan perkiraan sendiri tentang bumi. Misalnya orang Yunani kuno (zaman sebelum masehi) berkeyakinan bahwa dewa-dewa alam berdiam di bumi, yaitu di gunung Olympus yang terletak 241 km dari Athena, dan mereka beranggapan bahwa bumi berbentuk pipih. Sementara pada masa yang dikenal sebagai zaman kegelapan (dark age) sekitar 9 abad pertama masehi, bangsa Eropa saat itu berkeyakinan bahwa bumi berbentuk datar.

Sumber: Bumi Kita yang Mempesona

7. Kutipan buku tersebut termasuk jenis buku….
A. Cerita
B. Pengetahuan
C. Biografi
D. Autobiografi

8. Garis besar informasi yang tersurat pada paragraf ke-2 adalah…
A. Bumi berbentuk bulat seperti bola.
B. Pandangan dan perkiraan tentang bumi.
C. Cara membuktikan bahwa bumi bulat.
D. Bumi rata di bagian kutubnya.

9. Informasi yang sesuai berdasarkan teks tersebut adalah…
A. Bumi memiliki jari-jari kutub yang sama dengan jari-jari khatulistiwa.
B. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih panjang dari jari-jari khatulistiwa.
C. Bumi memiliki jari-jari kutub yang tidak sama dengan jari-jari khatulistiwa.
D. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih pendek dari jari-jari khatulistiwa.

10. Buku berikut termasuk jenis buku …

A. Biografi
B. Motivasi
C. buku pelajaran
D. Autobiografi

Download Soal

Selengkapnya, bagi bapak atau ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendownload Soal PTS / UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silahkan melalui tautan link yang yang sudah kami sediakan di bawah ini;

Soal Penilaian Tengah Semester

Name : Soal PTS 2 Bahasa Indonesia Kelas VII K13

Format : Word

Size : 66 KB

File Compatible : All Windows

Rekomendasi Kami:
Soal dan Jawaban PTS Kelas VII Semester 2 Lengkap

Download Juga:
Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester 2
Soal dan Jawaban PTS Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 2

Demikian Soal dan Kunci Jawaban UTS/ PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) jenjang SMP/MTs Semester 2/ genap Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *