Teknik Dasar Bantingan Tomoe-Nage – Beladiri Judo

Posted on

Tomoe-Nage merupakan teknik bantingan dengan perut melingkar (Circular Thow).

Dalam melakukan teknik ini, pada saat Uke berdiri pada jari-jari kakinya, Tori menjatuhkan dirinya ke belakang sambil meletakkan kaki kanannya dibawah perut Uke lalu melemapr/membanting Uke malalui kepala Tori. Selengkapnya berikut teknik pelaksanaannya ….

Teknik Dasar Bantingan Tomoe-Nage – Beladiri Judo

  1. Sikap pegangan kanan yang biasa

  2. Tori mendorong Uke keserong kiri belakangnya. Kadang-kadang pegangan tangan kanan dipindahkan memegang pertengahan lengan baju tangan kiri Uke.

  3. Uke memberikan reaksi terhadap dorongan tadi dengan mendorong Tori kembali. Untuk itu Tori melangkah mundur dengan kaki kanannya, sambil menarik tangan kiri Uke dengan tangan kanan. Tori menekuk kedua lututnya dan merendahkan pinggulnya. Tarikan kedua tangan Tori dengan gerakakn mengangkat sehingga keseimbangan badan Uke ke arah depan dihilangkan.

  4. Tori dengan cepat menempatkan kaki kirinya diantara kedua kaki Uke, lalu Tori menjatuhkan dirinya ke belakang dimulai dengan bokongnya menyentuh bagain belakang tumit kaki kirinya, telapak kaki kanan Tori  diletakkan diperut bagaian bawah Uke, lutut kaki kanan sedikit dibengkokkan.
Pada saat punggung Tori menyentuh tatami, kaki kanan diluruskan dengan gerakkan seperi mendorong dan kedua tangaannya menarik Uke ke bawah, lalu Uke akan melempar dengan gerakkan seperti lingkaran melalui kepala Tori.

Keberhasilan lemparan ini sangat tergantung dari kerja sama gerakkan tangan dan gerakkan kaki. Tarikan mula-mula kedepan lalu kebawah.
40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Tomoe-Nage, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *