Teknik Dasar Bantingan Ashi-Guruma – Beladiri Judo

Posted on

Ashi-Guruma adalah teknik bantingan memutar memalui kaki (Leg Wheel).

Hilngkan keseimbangan badan Uke ke serong kanan depan terlebih dahulu, kemudain Tori berputar ke samping dan meluruskan kaki kannya menyilangkan kaki kanan Uke dan melempar/membanting Uke melalui kaki kanan tersebut dengan suatu putaran yang besar. Berikut teknik pelaksanaannya …..

Teknik Dasar Bantingan Ashi-Guruma – Beladiri Judo

1. Sikap pegangan kanan yang biasa. Dimulai dengan kaki kirinya Tori melakukan nbeberapa langkah Tsugi-Ashi ke belakang sambil menarik Uke agar melakukan gerakkan yang sama.

2. Setelah berapa langakah Tsugi-Ashi, pada saat Uke akan melangkah kedepan dengan kaki kanannya, Tori menarik dengan cepat dan kuat dengan tangan kirinya sehingga badan Uke akan condong ke depan. Sementara itu Tori berputar ke samping kiri dengan menarik kaki kirinya ke belakang.

3.Tori meluruskan kaki kannya dengan ibu jari kaki kanan ditegangkan, kaki tersebut disilangkan di samping bawah lutut kaki kanan Uke. tangan kanan Tori mendorong Uke ke arah kanan depan Uke, tangan kiri menarik Uke dengan cepat dan deras.

4, 5. Dengan gerakkan menekan ke atas dengan kaki kanan pada bagian bawah lutut kanan Uke dan bersamaan dengan tarikan tangan kiri dan kuat Uke akan terjatuh berputar ke samping kiri Tori.

Dengan diletakkan kaki di daerah sendi lutut Uke maka melempar/membanting ini mirip dengan melempar Hiza-Guruma. harus pula di perhatikan bahwa gerakkan kaki kanan harus harmonis dan sesuai dengan tarikan tangan kiri dan dorongan dengan tangan kanan.

40 Teknik Bantingan Judo (Nage Waza) – Jigoro Kano telah menyelesaikan semua teknik lemparan Judo pada tahun 1895. Semua teknik bantingan Judo berjumlah 40 (empat puluh) teknik yang di bagi atas lima kelompok Baca Selengkapnya

Demikian kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bantingan Ashi-Guruma, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat.

Ikuti websiteedukasi.com di aplikasi Whatsapp dengan cara Subscribe atau Contact Me untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terbaru dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *